peralatan berkuda

Yuk Kenali Dulu 7 Peralatan Berkuda Ini!

Selama ini, muncul anggapan bahwa berkuda adalah kegiatan yang melibatkan biaya tinggi. Tetapi, realitasnya tidak selalu demikian. Sebenarnya, tidaklah wajib memiliki kuda sendiri untuk menikmati olahraga yang menyenangkan ini. Kini, tersedia beragam tempat penyedia layanan berkuda yang memudahkan akses. Menurut Katherine Blocksdorf, seorang ahli di bidang berkuda, aktivitas ini melibatkan tiga dimensi penting: mental, fisik, dan spiritual. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa berkuda adalah investasi yang layak untuk dikejar. Sebelum memutuskan memulai untuk belajar berkuda, ada baiknya untuk memahami peralatan berkuda yang akan dibahas pada artikel ini

Peralatan Berkuda

Pelana Kuda

pelana kuda

Pilihan Pelana yang Tepat Pelana adalah alat penting untuk menopang penunggang atau beban lain yang diangkut oleh kuda. Pemilihan pelana tidak boleh dianggap sepele, karena pelana yang tidak sesuai dapat berujung pada luka pada punggung kuda atau bahkan membuat pengalaman berkuda menjadi tidak menyenangkan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menentukan ukuran yang tepat sehingga pelana memberikan kenyamanan maksimal baik bagi penunggang maupun kuda.

Tali Kekang

tali kekang kuda

Tali Kekang sebagai Pengarah Tali kekang adalah salah satu perlengkapan berkuda yang berfungsi untuk mengarahkan gerak kuda. Terbuat dari bahan seperti kulit, nilon, logam, atau material lainnya, tali ini terikat pada bagian hidung kuda. Fungsinya adalah memberikan instruksi atau isyarat halus, seperti memberi tanda untuk belokan, memperlambat laju, meminta berhenti, atau mempercepat gerakan kuda.

Alas Pelana Kuda

Alas Pelana Kuda atau Saddle Pad Alas pelana, atau sering disebut saddle pad, merupakan lapisan tipis yang ditempatkan di antara punggung kuda dan pelana. Fungsinya adalah melindungi kulit kuda dari gesekan yang dapat terjadi akibat kontak dengan sadel. Selain itu, alas pelana juga membantu menyerap sebagian keringat kuda, menjaga agar kulit kering tidak teriritasi. Biasanya, bagian luar dari alas pelana terbuat dari campuran kain tahan lama, seperti kapas dengan serat poliester, yang dilapisi dengan lapisan tipis dari material poli.

Horse Riding Bridle

Horse Riding Bridle

Kekang Kuda atau Horse Riding Bridle Kekang kuda, atau yang lebih dikenal sebagai horse bridle, adalah perangkat penting dalam berkuda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kekang berfungsi untuk mengendalikan gerakan kuda. Namun, yang membedakan adalah bahwa head bridle atau bagian yang terletak di kepala kuda ini memberikan tekanan pada area sensitif di wajah kuda, sebagai cara untuk memberikan arahan dan kendali.

Sanggurdi

sanggurdi
Equestrian sport. The leg of the rider in the stirrup, riding on a horse. Dressage of horses in the arena. Horseback riding.

Sanggurdi atau Stirrup Sanggurdi adalah perlengkapan berkuda berupa pijakan kaki ketika menaiki kuda. Biasanya, sanggurdi digantungkan di sisi pelana dengan bantuan tali sanggurdi. Sanggurdi selalu hadir dalam pasangan kanan dan kiri, membantu penunggang mempertahankan posisi di pelana dan mempermudah kendali atas gerakan kuda.

Tali Perut

tali perut kuda

Tali Perut atau Girth Girth adalah perlengkapan krusial untuk pelana kuda. Tanpanya, pelana tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Girth berbentuk tali lebar terbuat dari berbagai bahan seperti anyaman, kulit, atau kapas, yang melingkari perut kuda untuk mengamankan pelana ke punggung kuda. Fungsinya mirip dengan sabuk atau gesper, mencegah pelana dari geser ke samping, belakang, atau depan.

Cambuk Kuda/Horse whip

cambuk kuda

Cambuk untuk Dorongan Ekstra Cambuk kuda, atau horse whip, mungkin sudah tidak asing lagi. Fungsinya adalah untuk memacu kuda agar berlari lebih cepat, mempertahankan kecepatan saat mendekati akhir perlombaan. Biasanya, cambuk digunakan oleh penunggang dalam balapan berkuda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cambuk ini menuai kontroversi karena berpotensi menimbulkan rasa sakit fisik dan psikologis serta meningkatkan risiko cedera pada kuda. Oleh karena itu, aturan telah diterapkan untuk membatasi penggunaannya, hanya untuk keamanan dan semangat semata.

Baca Juga: Tips dan Teknik Dasar Berkuda Untuk Pemula

Belajar Berkuda di The Hub

Dengan pengetahuan mengenai perlengkapan berkuda ini, semoga kamu lebih memahami pentingnya memilih dengan cermat. Setiap perlengkapan dirancang sesuai dengan karakteristik kuda, termasuk tinggi, lingkar kepala, rahang, perut, dan leher. Selain itu, tujuan penggunaan juga mempengaruhi jenis perlengkapan yang diperlukan, baik untuk menunggang, balapan, maupun latihan sehari-hari.

Kini kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa berlatih berkuda tanpa harus repot mencari perlengkapan berkuda dan juga lebih hemat waktu dan uang. Kunjungi The Hub Indonesia, kamu dapat berlatih untuk menunggangi kuda dengan pelatih profesional. Kamu juga tidak perlu khawatir jika belum memiliki peralatan berkuda, The Hub menyediakan peralatan berkuda secara lengkap sehingga kamu dapat berkuda dengan aman dan nyaman. Yuk kunjungi The Hub sekarang juga!

Bantu Share Artikel Ini Yuk!

Latest Blog

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN