teknik dasar berkuda

Tips dan Teknik Dasar Berkuda Untuk Pemula

Berkuda merupakan sebuah aktifitas wisata sekaligus olahraga yang menggugah adrenaline dengan keunikan tersendiri. Aktivitas ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang mencari tantangan baru! Tidak hanya terbatas di arena pacuan, sejumlah tempat wisata juga menyediakan layanan kuda tunggangan untuk mengelilingi area mereka. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat tenaga sambil merasakan sensasi baru berkuda di lokasi wisata yang memukau. Bagi yang baru pertama kali mencoba, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips dan teknik dasar berkuda untuk pemula berikut ini.

Teknik Dasar Berkuda Untuk Pemula

Belajar Naik Kuda dengan Benar

Salah satu kunci dalam memulai petualangan berkuda adalah memahami cara naik kuda dengan sederhana. Pemula seringkali merasa ragu atau takut, yang dapat membuat proses menaiki kuda menjadi tidak nyaman. Jika Anda baru pertama kali mengayuh kaki di atas punggung kuda, mulailah dari sisi kiri. Kebanyakan orang memiliki kekuatan lebih pada kaki kanan, sehingga menghentakkan tenaga dari kaki tersebut akan membantu naik ke pelana. Pastikan agar gerakan tidak terlalu kuat, karena hal ini dapat membuat posisi Anda melenceng ke sisi kanan kuda. Apabila Anda mulanya dibantu oleh instruktur atau orang lain, penting untuk belajar naik kuda sendiri tanpa bantuan agar dapat terbiasa dan memahami teknik-teknik dasar berkuda selanjutnya.

Mengarahkan Kuda Untuk Berjalan Biasa

Setelah Anda menguasai cara menaiki kuda, selanjutnya adalah belajar mengarahkan kuda untuk berjalan biasa. Namun, pastikan tetap mempertahankan keseimbangan tubuh di atas pelana. Caranya, hentakkan kedua kaki sedikit ke perut kuda dan kuda akan bergerak maju secara otomatis. Penting untuk memastikan bahwa posisi duduk Anda kokoh, nyaman, dan seimbang di atas pelana. Keseimbangan ini dapat dijaga dengan baik melalui pengaturan pinggang Anda sendiri. Pastikan juga pijakan kaki berada pada posisi yang tepat untuk mempertahankan keseimbangan dan mengontrol gerakan kuda dengan lebih baik.

Baca Artikel Lainnya: Wisata Berkuda Terbaik yang Tak Jauh Dari Jakarta

Mengarahkan Kuda Dari Berjalan Biasa ke Berlari

Setelah merasa stabil dalam berjalan biasa, langkah selanjutnya adalah belajar berlari. Rapatkan kedua kaki ke tubuh kuda dan kuda akan mulai berlari dengan kecepatan normal. Pegang tali kendali dengan tangan agak pendek untuk mengikuti irama kepala kuda sambil berlari. Namun, selalu tetap berhati-hati, karena terkadang seorang joki merasa sulit mengendalikan posisi duduk ketika kuda meloncat. Fokus dan konsentrasi yang tinggi sangat diperlukan, agar irama loncat duduk tetap teratur dan tidak mengganggu kenyamanan berkuda. Kehilangan konsentrasi dapat mengakibatkan posisi tubuh melenceng dan bahkan menimbulkan kram di kaki.

Mengarahkan Kuda Untuk Berlari Cepat

Setelah mahir dalam berlari biasa, langkah berikutnya adalah mencoba berlari dengan kecepatan tinggi. Seperti saat berlari biasa, pastikan kedua kaki Anda dirapatkan erat pada tubuh kuda. Hal ini akan membuat bokong Anda terangkat ketika kuda berlari dengan cepat. Peganglah tali kendali sekuat mungkin untuk menyesuaikan irama ketukan kaki dan kepala kuda yang bergerak maju-mundur. Untuk pemula, disarankan untuk mencoba di lintasan lurus terlebih dahulu. Jika ingin mencoba yang sedikit lebih menantang, Anda dapat mencoba berbelok, namun selalu jaga keseimbangan dan kelurusan tubuh. Penting untuk diingat bahwa saat berbelok dengan kecepatan tinggi, perlu kewaspadaan ekstra agar tidak terjadi pemisahan antara joki dengan kuda-nya.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda memulai berlatih kuda dengan lancar! Tetaplah fokus dan konsentrasi, serta jangan ragu untuk meminta bimbingan dari instruktur berkuda yang berpengalaman. The Hub memiliki instruktur kuda yang profesional, Anda bisa mengunjungi biolink berikut untuk latihan berkuda

Bantu Share Artikel Ini Yuk!

Latest Blog

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN