Ukuran Target Face

Ukuran Target Face Pertandingan Indoor dan Outdoor menurut Peraturan FITA/World Archery

Dalam dunia panahan, target panahan atau yang sering disebut sebagai “Face Target” memiliki peran penting sebagai sasaran tembak anak panah. Meskipun pembuatannya tergolong mudah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana, penting bagi kita untuk memperhatikan ukuran target panahan agar sesuai dengan standar panahan dunia.

Menyesuaikan Ukuran Target Panahan dengan Standar Internasional

Standar target panahan, seperti yang ditetapkan oleh Federasi Panahan Internasional atau FITA, memiliki variasi ukuran yang perlu diperhatikan. Untuk pertandingan indoor saja, terdapat empat macam diameter target panahan dengan jenis gambar yang berbeda. Penting untuk memahami variasi ini agar latihan dan pertandingan berjalan sesuai standar.

triangular tripple face

gambar: triangular triple face

gambar: vertical triple face (biasa di pertandingan indoor)

Empat Macam Diameter Target Panahan untuk Pertandingan Indoor:

1. Diameter 40 cm:

Pilihan gambar: Vertical Triple Face atau Triangular Triple Face.

Skor dalam model triple face diukur bukan dalam skala satu sampai lima, melainkan enam hingga 10.

2. Diameter 50 cm:

Varian gambar: Vertical Triple Face atau Triangular Triple Face.

Skor juga diukur dalam rentang enam hingga 10.

3. Diameter 55 cm:

Gambar: Vertical Triple Face atau Triangular Triple Face.

Skala skor tetap enam hingga 10.

4. Diameter 60 cm:

Pilihan gambar: Vertical Triple Face atau Triangular Triple Face.

Seperti varian sebelumnya, skor diukur dalam rentang enam hingga 10.

Perhatikan Juga Jenis Gambar pada Target Panahan

Penting untuk tidak hanya memperhatikan diameter target panahan, tetapi juga jenis gambar yang digunakan. Vertical Triple Face dan Triangular Triple Face adalah dua pilihan umum untuk target panahan. Pilihlah gambar yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan latihan kamu.

Skala Skor pada Model Triple Face

Berbeda dengan skala tradisional satu sampai lima, model triple face menggunakan skala skor enam hingga 10. Hal ini memberikan variasi yang lebih luas dalam menilai akurasi tembakan anak panah. Pastikan untuk mengingat hal ini saat melibatkan diri dalam pertandingan atau latihan yang menggunakan model triple face.

Pentingnya Menyesuaikan Diameter Target dengan Keterampilan Pemanah

Meskipun terdapat variasi dalam ukuran target panahan, penting untuk memilih diameter yang sesuai dengan tingkat keterampilan pemanah. Pemanah pemula mungkin akan lebih nyaman dengan target berdiameter lebih besar, sementara pemanah berpengalaman dapat menyesuaikan diri dengan target berdiameter lebih kecil.

Baca Juga: 5 Jenis Anak Panah yang Umum Digunakan

Perhitungan Diameter Sebenarnya

Ketika menentukan ukuran target panahan, perlu diingat bahwa diameter yang tertera pada target adalah ukuran keseluruhan. Sebagai contoh, jika tertulis diameter 60 cm, maka sebenarnya diameter targetnya hanya 30 cm. Hal ini penting untuk memastikan akurasi dan kepatuhan terhadap standar panahan internasional.

Kesimpulan

Dengan memahami variasi ukuran dan jenis gambar pada target panahan, pemanah dapat meningkatkan kualitas latihan dan pertandingan mereka. Pilihlah diameter yang sesuai dengan tingkat keterampilan, dan pastikan untuk memahami skala skor pada model triple face. Dengan demikian, kamu dapat mengoptimalkan performa panahan indoor dan meraih hasil yang memuaskan.

Bantu Share Artikel Ini Yuk!

Latest Blog

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN