jenis anak panah

5 Jenis Anak Panah yang Umum Digunakan

Dalam dunia panahan, kesesuaian antara busur dan anak panah sangatlah penting. Jika tidak sejalan, maka anak panah akan melesat tanpa kendali. Tingkat berat draw weight juga mempengaruhi kelenturan anak panah yang digunakan. Untuk itu 5 jenis anak panah pada artikel ini Bang Hub akan ulas sebagai bahan referensi kamu dalam memilih anak panah. Simak sampai habis ya!

Bagi pemula, sebaiknya memilih anak panah yang terjangkau harganya. Pilihan bisa jatuh pada bahan kayu/bambu, fiberglass, atau alumunium. Ini karena pada tahap awal, anak panah cenderung lebih rentan rusak. Terutama bagi pemula, seringkali anak panah bisa meleset dari bantalan dan mengenai benda keras.

5 Jenis Anak Panah yang Umum Digunakan

Berikut adalah lima jenis anak panah yang umum digunakan dalam olahraga panahan:

1. Aluminium Arrows

Anak panah aluminium memiliki tingkat kelurusan tinggi, sehingga sering digunakan dalam kejuaraan. Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kayu atau fiberglass, namun masih terjangkau. Anak panah ini dapat melengkung atau bengkok, namun mudah diperbaiki dan digunakan kembali. Berbeda dengan fiberglass yang lebih rapuh dan patah jika mendapat tekanan.

2. Carbon Arrows

Anak panah berbahan karbon umumnya digunakan oleh pemanah yang menggunakan busur tipe compound atau recurve. Harganya cenderung tinggi, sejalan dengan kualitasnya. Tingkat kelurusan anak panah ini sangat tinggi. Anak panah berbahan karbon cukup awet dan ringan, cocok untuk kompetisi panahan jarak jauh. Pengguna harus memeriksa kondisi anak panah secara rutin, karena jika ada retak atau pecah dapat membahayakan tangan. Jenis ini cocok untuk pengguna recurve jarak jauh atau pengguna compound bow.

3. Composite Arrows

Jenis ini merupakan pilihan atlet profesional. Cocok untuk kejuaraan dunia karena tingkat kelurusannya sangat tinggi dan sangat akurat untuk memanah jarak jauh. Bahan panah ini terdiri dari aluminium yang dilapis dengan karbon. Harganya cukup tinggi, sebanding dengan kualitas dan daya tahannya. Oleh karena itu, jenis ini hanya disarankan untuk pemanah profesional dan terlatih.

Baca Juga: Mau Belajar Panahan? Ini Dia Teknik Memanah Yang Baik

4. Fiberglass Arrows

Anak panah fiberglass sering dipilih oleh pemanah pemula. Selain harganya terjangkau, tingkat kelurusannya lebih baik dibandingkan dengan anak panah kayu. Meskipun lebih berat, bahan ini cukup kuat sehingga cocok bagi pemula. Namun, sulit untuk digunakan dalam memanah jarak jauh, tapi cocok untuk bowfishing. Jenis ini hanya sesuai untuk busur recurve.

5. Wooden Arrows

Jenis anak panah ini dapat terbuat dari bambu atau kayu. Kamu juga dapat membuatnya sendiri, meskipun membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membuat mereka seragam. Atau membelinya dengan harga terjangkau. Anak panah kayu tergolong ringan dan tidak mudah patah. Kekurangannya adalah tingkat kelurusan yang tidak selalu konsisten, dan cenderung rentan terkena jamur jika disimpan di tempat yang lembab. Jenis ini cocok untuk longbow atau recurve.

Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis anak panah, kamu dapat memilih yang paling cocok dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan panahanmu. Semoga artikel ini membantu kamu dalam memilih peralatan yang tepat untuk menunjang hobi panahanmu.

Bantu Share Artikel Ini Yuk!

Latest Blog

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN