belajar memanah

Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wasallam Anjurkan Belajar Memanah Untuk Umat Muslim

Seni memanah, konon, tak sekadar sebuah kegiatan olahraga yang terdaftar dalam daftar cabang pertandingan turnamen. Ia juga menjadi sunah yang dianut oleh Baginda Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wasallam. Ilmu memanah telah menjadi praktik sejak zaman beliau masih berada di antara kita. Tak heran bila tak hanya atlet profesional yang menekuni olahraga ini, tetapi juga masyarakat biasa yang ingin belajar panahan sesuai dengan ajaran Rasulullah.

Keutamaan Memanah Dalam Islam

Seperti yang dilansir dari NU Online, terdapat beberapa karya sastra yang mengupas tentang keutamaan olahraga memanah dalam Islam. Salah satunya adalah penafsiran Rasulullah terhadap Surat Al-Anfal ayat 60, yang artinya, “Siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi.” Beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kekuatan di sini adalah seni memanah.

Hadits Memanah

Ada pula hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari mengenai Nabi yang pernah melewati suku Bani Aslam yang sedang berlatih memanah. Rasulullah lantas berkata, “Hai Bani Ismail! Berlatihlah memanah seperti Ayahmu Ismail yang seorang pemanah ulung. Teruslah lemparkan panahmu.”

Manfaat Memanah

Manfaat dari mempelajari seni memanah juga tak bisa diabaikan. Selain memberikan kebugaran fisik, olahraga ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental seseorang.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Fokus merupakan hal krusial bagi seorang pemanah agar tidak meleset dalam membidik target. Kemampuan untuk mengabaikan gangguan sekitar menjadi kunci untuk tetap tenang menghadapi tekanan besar.

Meningkatkan Koordinasi Antara Tangan dan Mata

latihan memanah secara terus menerus akan meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata. Hal ini diperlukan untuk membidik sasaran dengan akurat.

Meningkatkan Kekuatan Pada Bagian Atas Tubuh

Selain itu, seni memanah juga dapat meningkatkan kekuatan pada bagian atas tubuh. Menarik busur panah sebelum melepaskannya menuju sasaran membutuhkan tenaga ekstra di bagian atas tubuh, terutama pada lengan, dada, dan bahu.

Manfaat Lain Memanah

Tak hanya manfaat fisik, memanah juga membantu dalam membangun kemampuan sosial. Olahraga ini dapat berupa pertandingan individu maupun beregu. Ketika berkompetisi dalam nomor beregu, para pemanah akan bekerja sama demi mengumpulkan skor tertinggi.

Baca Juga : Mau Belajar Panahan? Pahami Tips Berikut Ini

Tips Memulai Belajar Memanah

Untuk memulai belajar seni memanah, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Pertama, datangi klub memanah terdekat dan berlatih di bawah bimbingan pelatih yang kompeten. Kedua, ketika berdiri di garis tembak, pastikan untuk berdiri dengan tegak dan kaki terpisah selebar bahu. Fokuskan pikiran dan perasaan hanya pada kegiatan memanah hingga anak panah mendarat dengan sempurna di papan target. Terakhir, ajak teman untuk memberikan semangat tambahan dalam menjaga konsistensi berlatih.

Seni memanah bukanlah sekadar olahraga, melainkan juga bagian dari warisan dan ajaran yang ditinggalkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wasallam. Melalui latihan dan dedikasi, kita dapat menggali manfaat fisik, mental, dan sosial yang terkandung di dalamnya. Tak ada alasan untuk tidak memanfaatkan kekayaan ini dan memperdalam ilmu memanah untuk kesejahteraan diri sendiri. Anda bisa memulai belajar memanah di The Hub Equestrian Archery Coffee yang berlokasi di Jl. Alternatif Cibubur No.81-B, Jatisampurna, Kec. Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17435. Anda dapat mengunjungi biolink berikut untuk terhubung dengan customer service kami

Bantu Share Artikel Ini Yuk!

Latest Blog

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN