Mengenal Nama Kuda Kesayangan Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam

Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam dikenal memiliki beberapa jumlah kuda kesayangan dan menamakannya sesuai keunggulan masing-masing kuda. Namun, ada banyak perbedaan pandangan di kalangan ulama terkait jumlah kuda kesayangan Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang dimilikinya, beberapa menyebutkan 7 ekor, sementara yang lain menyatakan 23 ekor.

Namun, bang Hub telah merangkum beberapa kuda kesayangan milik nabi Muhammad Shallahu ’Alaihi Wa Salam dari berbagai sumber.

Nama-Nama Kuda Kesayangan Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Berikut ini adalah kuda-kuda kesayangan milik Nabi Muhammad Shallahu ’Alaihi Wa Salam

1.     Ath-Thirf

Kuda kesayangan Rasulullah bernama ath-Thirf terkenal dengan kecepatan luar biasa hingga banyak yang menyebutkan kecepatannya menandingi kilatan mata.

2.     As-Sakbu

Selanjutnya, kuda kesayangan Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam memiliki nama as-Sakbu, yang tidak hanya digunakan untuk lomba tetapi juga diberi nama yang menggambarkan kecepatannya seperti air yang mengalir. Awalnya dikenal sebagai adh-Dharsu, yang sulit dikendalikan dan berkelakuan jelek, Nabi mengubah namanya menjadi as-Sakbu.

3.     Al-Wardu

Kuda lain yang dimiliki nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah Al-Wardu, yang memiliki arti mawar dan turut membantu Rasulullah dalam medan perang.

4.     Sabhatun

Rasulullah juga memiliki kuda bernama Sabhatun, dikenal dengan larinya yang begitu kencang, yang telah tercatat di dalam sejarah.

5.     Al-Murtajaz atau Asyhab

Ada pula kuda kesayangan Rasulullah yang Bernama Al-Murtajaz atau Asyhab. Kuda tersebut berwarna putih yang memiliki sifat penurut dan baik. Rasulullah membeli dari pedagang Arab, Bani Marra.

6.     Al-Lahif

Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga memiliki kuda yang dinamai Al-Lahif karena ekornya yang panjang menutupi tanah, mirip dengan gunung. Kuda ini diberikan sebagai hadiah dari Farwa Bin Amr Al-Jadhami atau Abu Al-Baraa. Lizaz, yang berasal dari pemilik suci Alexandria, Al-Muqauqis, penguasa Koptik Mesir, juga tercatat sebagai salah satu kuda Rasulullah.

7.     Al-Dzarib

Tidak ketinggalan kuda bernama Al-Dzarib, hadiah dari Farwa bin Amr Al-Jadhami, menonjol dengan kekokohannya dan kekuatannya yang luar biasa, sering digunakan Nabi dalam medan perang.

Baca Juga: 12 Manfaat Olahraga Berkuda Untuk Kesehatan Tubuh

8.     As-Sakaf

As-Sakaf, dinamakan demikian karena tubuhnya yang gemuk, kuat, dan kukunya yang keras, merupakan kuda pertama yang dimiliki Rasulullah, dibeli dari seorang Badui dari Bani Fazarah dan digunakan dalam Perang Uhud.

9.     Subbah

Subbah, dengan warna pirangnya, dibeli oleh Nabi dari seorang Arab dari Bani Juhaina dengan sepuluh unta. Kuda ini bahkan berhasil keluar sebagai pemenang dalam pertandingan, menyebabkan kebahagiaan baginda Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

10.  Al-Mallawah

Meskipun Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam memiliki kuda-kuda yang gagah, ada satu yang mencolok dengan penampilan lesu dan kurang gemuk, sehingga diberi nama Al-Mallawah.

11.  Al-Bahr

Terakhir, Al-Bahr, yang awalnya dibeli oleh Rasulullah sendiri dari seorang pedagang Yaman, menambah daftar kuda-kuda monumental yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah perjalanan Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Semua kuda ini tidak hanya menjadi alat transportasi, tetapi juga saksi bisu dari berbagai peristiwa dalam perjalanan hidup beliau.

Nah, bagi kamu yang ingin latihan berkuda dan memanah bisa coba latihan di The Hub Indonesia – berkuda dan panahan.

Bantu Share Artikel Ini Yuk!

Latest Blog

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

PRICELIST

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN

THE HUB

EQUESTRIAN